Semakin hari, kreativitas dalam bisnis akan sangat diperlukan. Coba saja tengok, bidang bisnis apa yang tidak perlu kreativitas? Mulai dari penciptaan produk atau jasa, dengan semakin sengitnya persaingan bisnis, produk dan jasa baru bermunculan terus, maka kita harus bisa bertahan dengan memunculkan produk atau jasa kita yang tetap bisa bersaing dengan produk-produk baru yang bermunculan. Inovasi atau mati, dan tidak ada inovasi tanpa kreativitas.
Pemasaran. Hermawan Kertajaya mengatakan bahwa saat kita melakukan segmentasi, kita harus melihatnya secara kreatif agar kita bisa memunculkan peluang-peluang baru. Kreativitas terlihat jelas diperlukan dalam bidang periklanan, seorang agen periklanan harus sekreatif mungkin membuat materi-materi iklan yang bisa menarik perhatian orang. Lihat saja iklan-iklan di TV, dari satu produk ke produk yang lain seolah terjadi perlombaan kreativitas yang tinggi.
Proses produksi juga memerlukan kreativitas. Diperlukan ide-ide baru agar bisa melakukan perbaikan secara terus menerus. Diperlukan kreativitas untuk menyelesaikan berbagai macam masalah yang muncul diperusahaan. Diperlukan kreativitas untuk menghasilkan terobosan-terobosan baru dalam produksi, mulai dari meningkatkan produktivitas, meningkatkan kualitas, dan menurunkan biaya produksi.