Saya sengaja tidak menulis judul dengan phrase "Menjadi Kreatif", tetapi saya menulis "Menjadi Lebih Kreatif". Apa perbedaanya? Yah, adanya kata "lebih". Saya menggunakan kata lebih karena saya tahu bahwa Anda sebenarnya sudah kreatif, tip-tip yang akan saya uraikan disini "hanya" akan membuat Anda lebih kreatif, kecuali Anda lebih dulu mengetahui dan menerapkannya dibanding saya.
Tip pertama jika Anda ingin lebih kreatif ialah "motivasi". Kreativitas anda ditentukan sejauh mana Anda menginginkan hal-hal baru. Motivasi ini dilandasi sejauh mana Anda menginginkan perbaikan dalam hidup Anda atau sejauh mana Anda sedang mengalami kesulitan. Pertanyaan yang sangat penting ialah sejauh mana Anda menginginkan hal yang baru? Temukan motivator tersebut dan tetapkan dalam pikiran Anda.
Tip kedua adalah rileks. Saya sering mendapatkan ide justru pada saat rileks ketimbang berfikir serius. Jadi saat Anda ingin menyelesaikan masalah, atau ingin mencari suatu ide baru coba saja untuk rileks. Namun sebelum rileks Anda perlu menyatakan apa yang Anda cari, katakan berulang-ulang sampai meresap ke dalam pikiran bawah sadar, kemudian rileks. Anda akan takjub dengan teknik sederhana ini, ide-ide atau solusi akan muncul pada saat-saat yang tidak terduga.
Tip ketiga ialah jadilah risk taker. Takut terhadap resiko yang terdapat pada ide justru akan menghambat jalan keluar ide Anda. Setiap gagasan atau solusi mungkin akan mengandung resiko, tetapi jika Anda ingin kreatif Anda harus berani mengambil resikonya.
Tip keempat jika Anda ingin kreatif adalah fokus pada peluang. Saya sering mendengar ada orang yang mengatakan bahwa jadikan masalah jadi peluang. Namun saran saya bukan hanya itu, bukan hanya masalah saja yang bisa menjadi peluang. Apapun yang ada dihadapan Anda bisa mencetuskan ide sebuah peluang baru. Suatu contoh, saat Anda sedang memegang gelas, coba tanyakan peluang apa yang bisa dapatkan dari gelas?
Saat ini mungkin masih bingung, tetapi dengan terus-menerus mengajukan pertanyaan tersebut, insya Allah ide-ide akan bermunculan. Setelah ide-ide itu muncul Anda tinggal mengevaluasi ide mana yang terbaik.
Tip kelima agar Anda lebih kreatif Anda harus berani keluar dari kebiasaan. Anda jangan terkungkung dengan apa yang ada saat ini, itu belum tentu hal yang terbaik. Masih ada peluang untuk yang lebih baik. Percayalah, sebab jika tidak percaya, ide-ide Anda akan tersumbat keluar. Jangan suka dengan status quo, cintailah perubahan, namun perubahan menuju yang lebih baik.
Tip keenam, cobalah melihat segala sesuatu dari berbagai sudut pandang. Saya bukan penganut bahwa kebenaran itu relatif, kebenaran adalah mutlak dari Allah SWT. Namun yang dimaksud disini, melihat suatu masalah dari berbagai sudut pandang agar kita bisa melihat berbagai aspek yang berkaitan dengan permasalahan yang sedang kita hadapi. Apakah Anda berfikir kalau gelas itu hanya alat untuk minum? Ternyata tidak, gelas bisa untuk hiasan jika bentuknya indah, gelas bisa untuk menyimpan pensil dan ball point, bahkan gelas bisa untuk melempar maling jika perlu. :)
Suatu saat Anda memiliki ide, kemudian Anda lakukan atau Anda coba ide tersebut, ternyata gagal. Perbaiki ide tersebut sampai berhasil, jadilah ide baru. Inilah tip yang ketujuh, yaitu belajar dari kesalahan. Kesalahan bisa menghasilkan ide baru yang lebih baik. Tanyakanlah terhadap ide lama Anda yang gagal, apa pelajaran dari ide tersebut, bisakah dilakukan lagi dengan cara baru, apakah timmingnya kurang tepat?
Tip kedelapan, memperbaiki yang sudah ada. Jangan berpikir bahwa kreatif itu hanya membuat hal-hal yang baru. Justru salah, karena manusia tidak pernah membuat hal yang baru. Hanya Allah SWT yang bisa. Manusia hanya bisa menemukan apa yang belum ditemukan oleh orang lain, manusia hanya bisa mengubah atau menggabungkan hal-hal yang sudah ada, sekali lagi bukan menciptakan hal yang baru. Jadi jika Anda ingin kreatif Anda bisa mulai dengan barang yang ada di depan Anda, perbaikan apa yang bisa Anda lakukan terhadap barang tersebut.
Tip kesembilan ialah, jangan terpaku dengan ide lama. Bagaimanapun suksesnya ide Anda pada waktu yang lalu, belum tentu akan berhasil lagi pada saat ini. Evaluasi lagi, tidak masalah mengeliminasi ide Anda sendiri yang sukses untuk mendapatkan ide baru yang lebih baik. Termasuk juga disini saat ide Anda disisihkan oleh ide orang lain, jangan sedih karena meskipun tidak disisihkan oleh orang lain, toch Anda harus menggantinya sendiri jika ide Anda tersebut sudah tidak relevan.
Tip kesepuluh, bacalah tip pertama sampai tip kesembilan berulang-ulang sampai meresap dalam pikiran Anda. Semakin melekat tip-tip ini pada diri Anda, insya Allah akan semakin kreatif Anda.
Tip pertama sampai tip kesepuluh adalah sebagai fondasi yang perlu Anda miliki untuk menjadi orang yang lebih kreatif. Baru fondasi? Berarti masih ada kelanjutannya? Jawabannya ya. Kelanjutan dari fondasi ini ialah Anda perlu mengetahui teknik-teknik dalam menggali ide. Ada puluhan teknik yang perlu Anda pelajari dan praktekkan untuk memudahkan Anda menggali ide tersebut.
Wednesday, May 17, 2006
Kreatiflah, Bisnis pun Jadi
Anda bisa memulai bisnis dengan hanya sebuah ide, tanpa keluar uang sendiri. Bagaimana caranya? Kemas ide Anda kemudian tawarkan kerja sama kepada orang lain. Ide dari Anda dan uang dari orang lain bisa merupakan strategi bisnis dengan modal dengkul.
Namun perlu hati-hati saat bertemu orang yang tidak menghargai ide orang lain, ide Anda bisa dicuri dan dia membangun bisnis sendiri dengan ide cemerlang Anda. Cara mengatasinya ialah jangan sampai semua detil ide Anda diberitahukan kepada orang lain, kemudian kuasailah keterampilan yang dibutuhkan untuk menjalankan ide tersebut. Akan lebih baik jika keterampilan tersebut merupakan bakat unik Anda.
Cara ketiga untuk melindungi ide Anda ialah dengan melindunginya secara hukum, bisa dengan hak cipta, hak paten, atau merk dagang (pilih yang cocok dengan ide Anda). Memang memerlukan biaya, tetapi akan sangat berguna untuk melindungi ide Anda yang mungkin bernilai jutaan atau milyaran, siapa tahu?
Setelah ide Anda dilindungi, kemudian kemaslah dalam bentuk proposal bisnis untuk diajukan kepada orang yang memiliki prospek untuk mendanai usaha Anda. Tunjukkan peluang keberhasilan dari ide Anda disertai dengan alasan-alasan yang kuat. Jika ide Anda memang memberikan potensi keuntungan besar, orang akan tertarik untuk menanamkan uangnya kepada Anda. Jika tidak ada yang tertarik, mungkin ide atau cara pengemasan ide Anda masih kurang meyakinkan, perbaiki lagi dan coba lagi.
Contoh nyata dari strategi ini ialah Kol Sanders, penemu KFC. Yang dia miliki hanya sebuah resep goreng ayam, kemudian dia tawarkan ke ratusan restoran. Tidak mudah memang, tetapi dengan kesabaran dan ketekunan pada akhirnya dia berhasil juga sebagaimana yang kita lihat saat ini. Jika dia yang sudah kakek-kakek bisa, kenapa kita tidak?
Kesimpulannya, kreatiflah, carilah ide-ide brilian yang bisa menghasilkan uang, kemudian carilah orang berduit untuk mendukung bisnis Anda. Carilah terus sampai Anda berhasil dan jangan mudah menyerah.
Namun perlu hati-hati saat bertemu orang yang tidak menghargai ide orang lain, ide Anda bisa dicuri dan dia membangun bisnis sendiri dengan ide cemerlang Anda. Cara mengatasinya ialah jangan sampai semua detil ide Anda diberitahukan kepada orang lain, kemudian kuasailah keterampilan yang dibutuhkan untuk menjalankan ide tersebut. Akan lebih baik jika keterampilan tersebut merupakan bakat unik Anda.
Cara ketiga untuk melindungi ide Anda ialah dengan melindunginya secara hukum, bisa dengan hak cipta, hak paten, atau merk dagang (pilih yang cocok dengan ide Anda). Memang memerlukan biaya, tetapi akan sangat berguna untuk melindungi ide Anda yang mungkin bernilai jutaan atau milyaran, siapa tahu?
Setelah ide Anda dilindungi, kemudian kemaslah dalam bentuk proposal bisnis untuk diajukan kepada orang yang memiliki prospek untuk mendanai usaha Anda. Tunjukkan peluang keberhasilan dari ide Anda disertai dengan alasan-alasan yang kuat. Jika ide Anda memang memberikan potensi keuntungan besar, orang akan tertarik untuk menanamkan uangnya kepada Anda. Jika tidak ada yang tertarik, mungkin ide atau cara pengemasan ide Anda masih kurang meyakinkan, perbaiki lagi dan coba lagi.
Contoh nyata dari strategi ini ialah Kol Sanders, penemu KFC. Yang dia miliki hanya sebuah resep goreng ayam, kemudian dia tawarkan ke ratusan restoran. Tidak mudah memang, tetapi dengan kesabaran dan ketekunan pada akhirnya dia berhasil juga sebagaimana yang kita lihat saat ini. Jika dia yang sudah kakek-kakek bisa, kenapa kita tidak?
Kesimpulannya, kreatiflah, carilah ide-ide brilian yang bisa menghasilkan uang, kemudian carilah orang berduit untuk mendukung bisnis Anda. Carilah terus sampai Anda berhasil dan jangan mudah menyerah.
Berpikir Kreatif
Anda pasti tahu acara-acara di TV yang menampilkan hal-hal luar biasa yang pernah dilakukan oleh manusia. Saya adalah salah satu penggemar acara-acara seperti itu. Saya sering menonton Guiness Book of World Record, Ripley's, Aje Gile, dan sebagainya.
Mengapa saya suka acara-acara seperti itu? Saya banyak mengambil hikmah dari acara-acara tersebut. Hikmah umum yang bisa kita ambil adalah bahwa kita sering melihat hal-hal yang tidak pernah terpikirkan. Dulu saya tidak pernah berpikir kalau ada orang yang bisa memakan sepeda secara utuh ternyata ada orang yang pernah melakukannya.
Mungkin saja setiap masalah dan tantangan yang kita anggap sulit itu masih ada solusinya, namun belum terpikirkan oleh kita. Jadi saat Anda memiliki masalah yang pelik atau memiliki tantangan yang sangat berat, jangan putus asa dulu, karena mungkin saja Anda belum menemukan solusinya, mungkin belum terpikirkan oleh Anda seperti hal-hal luar biasa pada acara Guiness Book of World Record.
Bagaimana agar kita bisa menemukan solusi yang kelihatannya tidak ada tersebut? Jawabannya ialah dengan mencarinya. Bagaimana kita bisa menemukannya jika kita tidak mencari. Proses pencarian inilah yang disebut dengan proses berpikir kreatif. Proses berfikir yang akan menghasilkan ide-ide baru yang mungkin saja salah satunya bisa mengatasi masalah Anda.
Berfikir kreatif bukanlah hanya bisa dilakukan oleh orang- orang tertentu yang berbakat. Berfikir kreatif bisa dipelajari oleh semua orang termasuk Anda. Sebagai bukti bahwa kreatifitas bisa dipelajari yaitu adanya mata kuliah kreatifitas. Saya mengambil mata kuliah tersebut, dan sejak itulah saya memiliki keyakinan kalau saya sendiri dan Anda bisa menjadi orang yang kreatif.
Mengapa saya suka acara-acara seperti itu? Saya banyak mengambil hikmah dari acara-acara tersebut. Hikmah umum yang bisa kita ambil adalah bahwa kita sering melihat hal-hal yang tidak pernah terpikirkan. Dulu saya tidak pernah berpikir kalau ada orang yang bisa memakan sepeda secara utuh ternyata ada orang yang pernah melakukannya.
Mungkin saja setiap masalah dan tantangan yang kita anggap sulit itu masih ada solusinya, namun belum terpikirkan oleh kita. Jadi saat Anda memiliki masalah yang pelik atau memiliki tantangan yang sangat berat, jangan putus asa dulu, karena mungkin saja Anda belum menemukan solusinya, mungkin belum terpikirkan oleh Anda seperti hal-hal luar biasa pada acara Guiness Book of World Record.
Bagaimana agar kita bisa menemukan solusi yang kelihatannya tidak ada tersebut? Jawabannya ialah dengan mencarinya. Bagaimana kita bisa menemukannya jika kita tidak mencari. Proses pencarian inilah yang disebut dengan proses berpikir kreatif. Proses berfikir yang akan menghasilkan ide-ide baru yang mungkin saja salah satunya bisa mengatasi masalah Anda.
Berfikir kreatif bukanlah hanya bisa dilakukan oleh orang- orang tertentu yang berbakat. Berfikir kreatif bisa dipelajari oleh semua orang termasuk Anda. Sebagai bukti bahwa kreatifitas bisa dipelajari yaitu adanya mata kuliah kreatifitas. Saya mengambil mata kuliah tersebut, dan sejak itulah saya memiliki keyakinan kalau saya sendiri dan Anda bisa menjadi orang yang kreatif.
Mengapa harus kreatif?
Apa pun profesi Anda, kreatif itu sangat penting. Hidup ini dinamis, selalu berubah. Mungkin apa yang miliki hari ini berguna, bisa saja besok menjadi usang akibat perubahan tersebut. Oleh karena itu Anda perlu ide baru.
Sementara, perubahan terjadi pada segala aspek kehidupan. Kehidupan sosial, bisnis, ekonomi, pekerjaan, dan sebagainya selalu berubah. Oleh karena itu Anda dituntut untuk tetap mampu menghasilkan ide-ide baru agar Anda bisa mengikuti perubahan.
Salah satu contohnya ialah di dunia bisnis. Yang paling mencolok ialah pada produk HP (hand phone). Setiap saat kita melihat produk-produk baru bermunculan dengan fitur-fitur baru yang canggih, yang kadang membuat kita berdecak kagum. Bayangkan jika salah satu perusahaan HP tidak berkreasi dengan ide-ide baru, produknya akan dianggap kuno sehingga tidak akan laku dipasaran.
Bisnis adalah aktivitas kreativitas. Saya jadi ingat dengan salah satu judul buku dari seroang pakar manajemen Indonesia yang berjudul "Inovasi atau mati". Itu betul, kalau kita tidak mau berinovasi, maka perusahaan tersebut akan kalah bersaing yang akhirnya mati.
Sehingga, kreativitas sangat penting untuk persaingan. Mungkin kita dengan bangga menelorkan suatu produk yang hebat sehingga sangat laku. Tetapi tunggu saja, dalam waktu yang tidak lama akan bermunculan produk yang meniru produk Anda atau bahkan lebih baik. Maka Anda dituntut untuk menciptakan lagi produk baru (baca ide baru), yang bisa mengalahkan produk pesaing kita.
Jika bisnis adalah aktivitas kreativitas, maka orang-orang yang ada didalamnya juga dituntut untuk kreatif. Bagimana bisa suatu perusahaan mengasilkan inovasi-inovasi baru jika orang-orang yang ada didalamnya tidak kreatif. Jadi, baik Anda pengusaha atau karyawan, Anda harus kreatif jika ingin bertahan di dunia yang penuh persaingan ini.
Sementara, perubahan terjadi pada segala aspek kehidupan. Kehidupan sosial, bisnis, ekonomi, pekerjaan, dan sebagainya selalu berubah. Oleh karena itu Anda dituntut untuk tetap mampu menghasilkan ide-ide baru agar Anda bisa mengikuti perubahan.
Salah satu contohnya ialah di dunia bisnis. Yang paling mencolok ialah pada produk HP (hand phone). Setiap saat kita melihat produk-produk baru bermunculan dengan fitur-fitur baru yang canggih, yang kadang membuat kita berdecak kagum. Bayangkan jika salah satu perusahaan HP tidak berkreasi dengan ide-ide baru, produknya akan dianggap kuno sehingga tidak akan laku dipasaran.
Bisnis adalah aktivitas kreativitas. Saya jadi ingat dengan salah satu judul buku dari seroang pakar manajemen Indonesia yang berjudul "Inovasi atau mati". Itu betul, kalau kita tidak mau berinovasi, maka perusahaan tersebut akan kalah bersaing yang akhirnya mati.
Sehingga, kreativitas sangat penting untuk persaingan. Mungkin kita dengan bangga menelorkan suatu produk yang hebat sehingga sangat laku. Tetapi tunggu saja, dalam waktu yang tidak lama akan bermunculan produk yang meniru produk Anda atau bahkan lebih baik. Maka Anda dituntut untuk menciptakan lagi produk baru (baca ide baru), yang bisa mengalahkan produk pesaing kita.
Jika bisnis adalah aktivitas kreativitas, maka orang-orang yang ada didalamnya juga dituntut untuk kreatif. Bagimana bisa suatu perusahaan mengasilkan inovasi-inovasi baru jika orang-orang yang ada didalamnya tidak kreatif. Jadi, baik Anda pengusaha atau karyawan, Anda harus kreatif jika ingin bertahan di dunia yang penuh persaingan ini.
Apa itu kreativitas?
Langsung saja, kreativitas adalah kemampuan seseorang menghasil ide baru. Yang dimaksud ide baru bukan berarti benar-benar baru, dari tidak ada menjadi ada, tetapi maksudnya baru di sini ialah bisa berupa bentuk baru atau berbeda dari yang ada sebelumnya.
Lalu apa itu inovasi? Yah, sering kali kita bingung membedakan antara inovasi dan kreativitas. Definisi inovasi ialah hasil dari kreativitas yang sudah diterima oleh masyarakat atau bernilai secara ekonomis. Sekarang sudah jelas, apa itu inovasi dan apa itu kreativitas. Semoga tidak bingun lagi.
Lalu apa itu inovasi? Yah, sering kali kita bingung membedakan antara inovasi dan kreativitas. Definisi inovasi ialah hasil dari kreativitas yang sudah diterima oleh masyarakat atau bernilai secara ekonomis. Sekarang sudah jelas, apa itu inovasi dan apa itu kreativitas. Semoga tidak bingun lagi.
Subscribe to:
Posts (Atom)