Wednesday, May 17, 2006

Berpikir Kreatif

Anda pasti tahu acara-acara di TV yang menampilkan hal-hal luar biasa yang pernah dilakukan oleh manusia. Saya adalah salah satu penggemar acara-acara seperti itu. Saya sering menonton Guiness Book of World Record, Ripley's, Aje Gile, dan sebagainya.

Mengapa saya suka acara-acara seperti itu? Saya banyak mengambil hikmah dari acara-acara tersebut. Hikmah umum yang bisa kita ambil adalah bahwa kita sering melihat hal-hal yang tidak pernah terpikirkan. Dulu saya tidak pernah berpikir kalau ada orang yang bisa memakan sepeda secara utuh ternyata ada orang yang pernah melakukannya.

Mungkin saja setiap masalah dan tantangan yang kita anggap sulit itu masih ada solusinya, namun belum terpikirkan oleh kita. Jadi saat Anda memiliki masalah yang pelik atau memiliki tantangan yang sangat berat, jangan putus asa dulu, karena mungkin saja Anda belum menemukan solusinya, mungkin belum terpikirkan oleh Anda seperti hal-hal luar biasa pada acara Guiness Book of World Record.

Bagaimana agar kita bisa menemukan solusi yang kelihatannya tidak ada tersebut? Jawabannya ialah dengan mencarinya. Bagaimana kita bisa menemukannya jika kita tidak mencari. Proses pencarian inilah yang disebut dengan proses berpikir kreatif. Proses berfikir yang akan menghasilkan ide-ide baru yang mungkin saja salah satunya bisa mengatasi masalah Anda.

Berfikir kreatif bukanlah hanya bisa dilakukan oleh orang- orang tertentu yang berbakat. Berfikir kreatif bisa dipelajari oleh semua orang termasuk Anda. Sebagai bukti bahwa kreatifitas bisa dipelajari yaitu adanya mata kuliah kreatifitas. Saya mengambil mata kuliah tersebut, dan sejak itulah saya memiliki keyakinan kalau saya sendiri dan Anda bisa menjadi orang yang kreatif.

1 comment:

I love novel fantasi said...

makasih ya infonya... sukses!!!