Wednesday, May 17, 2006

Kreatiflah, Bisnis pun Jadi

Anda bisa memulai bisnis dengan hanya sebuah ide, tanpa keluar uang sendiri. Bagaimana caranya? Kemas ide Anda kemudian tawarkan kerja sama kepada orang lain. Ide dari Anda dan uang dari orang lain bisa merupakan strategi bisnis dengan modal dengkul.

Namun perlu hati-hati saat bertemu orang yang tidak menghargai ide orang lain, ide Anda bisa dicuri dan dia membangun bisnis sendiri dengan ide cemerlang Anda. Cara mengatasinya ialah jangan sampai semua detil ide Anda diberitahukan kepada orang lain, kemudian kuasailah keterampilan yang dibutuhkan untuk menjalankan ide tersebut. Akan lebih baik jika keterampilan tersebut merupakan bakat unik Anda.

Cara ketiga untuk melindungi ide Anda ialah dengan melindunginya secara hukum, bisa dengan hak cipta, hak paten, atau merk dagang (pilih yang cocok dengan ide Anda). Memang memerlukan biaya, tetapi akan sangat berguna untuk melindungi ide Anda yang mungkin bernilai jutaan atau milyaran, siapa tahu?

Setelah ide Anda dilindungi, kemudian kemaslah dalam bentuk proposal bisnis untuk diajukan kepada orang yang memiliki prospek untuk mendanai usaha Anda. Tunjukkan peluang keberhasilan dari ide Anda disertai dengan alasan-alasan yang kuat. Jika ide Anda memang memberikan potensi keuntungan besar, orang akan tertarik untuk menanamkan uangnya kepada Anda. Jika tidak ada yang tertarik, mungkin ide atau cara pengemasan ide Anda masih kurang meyakinkan, perbaiki lagi dan coba lagi.

Contoh nyata dari strategi ini ialah Kol Sanders, penemu KFC. Yang dia miliki hanya sebuah resep goreng ayam, kemudian dia tawarkan ke ratusan restoran. Tidak mudah memang, tetapi dengan kesabaran dan ketekunan pada akhirnya dia berhasil juga sebagaimana yang kita lihat saat ini. Jika dia yang sudah kakek-kakek bisa, kenapa kita tidak?

Kesimpulannya, kreatiflah, carilah ide-ide brilian yang bisa menghasilkan uang, kemudian carilah orang berduit untuk mendukung bisnis Anda. Carilah terus sampai Anda berhasil dan jangan mudah menyerah.

No comments: